Sosial Media Mengajari Kita

sosial media mengajari kita

Sosial Media Mengajari Kita | Pernah pada suatu maghrib saya komen di status temen. Tak berapa lama yang punya status inbox “Shalat woooyy maghrib-maghrib fesbukan mulu”. Saya balas dengan emoticon ketawa.

Pernah juga jam tiga dini hari saya ngelike beberapa status, tiba-tiba ada yang inbox “Baru shalat tahajud ya mas jam segini udah bangun?” Saya pun pasang emoticon ngakak.

***

Sosmed penuh dengan prasangka-prasangka. Jangankan menulis komen atau menulis status yang sedemikian panjangnya, memberikan “like” pada status temen saja bisa melahirkan prasangka yang kadang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.

Seperti tadi contohnya. Ada yang mengesankan saya lalai shalat maghrib, ada yang “menuduh” saya baru menunaikan tahajud. Naah.. termasuk saya menilai mereka kaya gini sebetulnya juga prasangka, padahal bisa jadi tujuan mereka hanya berbasa-basi sebagai pembuka obrolan belaka.

Tapi itulah sosmed, tiap orang seolah merasa punya hak untuk menafsiri apa yang dia lihat dan apa yang dia baca. Parahnya banyak dari mereka yang gelap mata dan menganggap prasangkanya sebagai kebenaran tunggal, seolah tidak ada celah kemungkinan yang lain.

Akhirnya banyak terjadi kasus orang tersinggung ketika menyimak status atau komen temannya, intens komen di status lawan jenis lantas ditafsiri pasti ada hubungan asmara, juga prasangka-prasangka “kreatif” lainnya.

Yang pasti tiap manusia punya pembelaannya sendiri. Sehebat apapun sampeyan “memaksa” orang lain untuk mengiyakan prasangka anda, yang tau kebenarannya cuma yang bersangkutan bersama Tuhannya.

Maka memperdebatkan prasangka atas sebaris teks, selain buang-buang energi, juga merupakan kegiatan melelahkan dan menggelikan. Sosial media pada akhirnya mengajari kita, bahwa orang yang dewasa adalah orang yang mampu “berdamai” dengan prasangkanya.

Arif Wachyudin

Penulis amatiran. Meski lahir di Banyumas, tapi sebenarnya saya adalah penduduk asli surga yang diturunkan ke bumi untuk bermain-bermain.

Latest posts by Arif Wachyudin (see all)

Sebarkan!

Random Posts :

Tinggalkan Balasan