Mendorong Jiwa Kepahlawanan di Era Milenial

Mendorong Jiwa Kepahlawanan di Era Milenial

Kita tahu bahwa pahlawan adalah sosok yang terkenal karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran. Kegigihan serta semangatnya yang selalu terkucur, membuat pahlawan terdahulu berhasil mencapai tujuan, dan mencetak sejarah kebanggaan.

Ada banyak sekali pahlawan yang patut kita contoh untuk membangun semangat jiwa kepahlawanan di zaman sekarang. Banyak peneliti sosial yang menyebutkan bahwa sekarang adalah Era Milenial, yaitu sebuah sebutan untuk generasi kelahiran tahun 1980-2000an.

Di Era Milenial ini, harus diberi pengertian bahwa pahlawan tidak harus tokoh pejuang kemerdekaan yang mengangkat senjata, mengorbankan jiwa, dan raga untuk merebut kemerdekaan Indonesia, tetapi bisa sebuah individu yang memberikan pengaruh positif, baik bagi masyarakat, pendidikan, dan bidang lainnya.

Semangat pemuda milenial inilah yang akan menunjang masyarakat untuk menanamkan jiwa kepahlawanan di Era Milenial ini. Generasi milenial ini hidup dalam lingkungan yang terkoneksi secara global, menjadikan sumber informasi yang selalu mendunia tanpa batas. Tantangan yang dihadapi generasi milenial inipun, semakin banyak, hingga terkadang melupakan tentang pahlawan yang memperjuangkan Indonesia.

Walaupun setiap tanggal 10 November selalu diperingati untuk mengenang jasa para pahlawan yang dahulu mengorbankan hidupnya demi bangsa ini. Sebagai pemuda, yang mempunyai peran untuk selalu menjaga bangsa ini, seharusnya tidak hanya mengenang jasa pahlawan tetapi harus bisa menerapkan jiwa kepahlawanan di Era Milenial ini.

Hal itu bisa dimulai dari selalu mengobarkan sikap untuk membela kebenaran, berani bertindak untuk mengambil sebuah keputusan, dan rela memperjuangkan apa yang menjadi haknya. Teruslah kobarkan semangat jiwa mudamu, dan tanamkan jiwa pahlawan pada dirimu, agar bangsa ini semakin berkembang maju, dan bantulah bangsa ini mencapai tujuan.

Jangan biarkan pahlawan-pahlawan bangsa terdahulu, terlupakan seiring dengan berjalannya waktu, tetapi tauladani semangat mereka. Kecanggihan teknologi yang ada saat ini, juga harus dimanfaatkan untuk semakin menanamkan jiwa kepahlawanan di setiap sanubari para generasi milenial di era ini.

Sumber tulisan: Suara Banyumas
Tulisan ini merupakan pemenang Lomba Menulis Opini yang digelar Rayon Dakwah PMII Komisariat Wali Songo IAIN Purwokerto, dalam rangka memperingati Hari Pahlawan.

  • Share:

Salsabila Aulia Putri

Mahasiswi Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah, IAIN Purwokerto

ARTIKEL TERKAIT

BERI KOMENTAR